Pengakuan Anak

Penerbitan Akta Pengakuan Anak

Menurut Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Peraturan Daerah Kabupaten Bangkalan Nomor 20 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
a.  Syarat
    •    Surat Pengantar dari RT/RW dan diketahui oleh Kepala Desa / Lurah
    •    Surat Pengakuan Anak dari ayah biologis yang disetujui oleh ibu kandungnya.
    •    Kutipan Akta Kelahiran
    •    Foto copy KTP dan KK ayah biologis dan ibu kandung
    •    Mengisi Formulir Pelaporan Pengakuan Anak.

b.  Biaya
    Biaya pencatatan dan penerbitan Akta Pengakuan Anak menurut Perda No.9 Tahun 2010 adalah :
    •    Pelaporan pengakuan Anak yang dilakukan tepat waktu sebesar Rp. 50.000,-  (Lima puluh ribu rupiah ).

    •    Pelaporan pengakuan Anak yang dilakukan lebih dari 30 hari sejak tanggal Surat Pengakuan Anak oleh Ayah dan         disetujui oleh Ibu dari anak yang bersangkutan dikenakan denda administrasi sebesar Rp.75.000,- ( Tujuh puluh lima         ribu rupiah ) sesuai dengan Perda No.7 Tahun 2011 tentang Perubahan Perda No.20 Tahun 2008.

c.  Waktu
    •    3 (tiga) hari (  jumlah pemohon tidak melebihi 50 berkas ).

d.  Alur/Prosedur Layanan   

e.  Prosedur Pengajuan
    •    Pemohon dapat memperoleh informasi tentang prosedur pembuatan Akta Pengakuan Anak di Dispenduk dan Pencapil pada         seksi Kelahiran,Kematian dan PPA
    •    Pemohon menyerahkan berkas permohonan dengan persyaratannya  kepada Petugas Pelayanan untuk diperiksa kelengkapan         persyaratannya.
    •    Jika berkas dinyatakan lengkap, pemohon mendaftar pada Petugas Pendaftaran dan membayar biaya retribusi yang telah         ditetapkan.
    •    Berkas yang sudah lengkap akan diproses penerbitan Akte Pengakuan Anak-nya
    •    Petugas akan membuat Catatan Pinggir pada Buku Register Akta Kelahiran dan Kutipan Akta Kelahiran.
    •    Pemohon dapat mengambil Kutipan Akta Pengakuan Anak dan Kutipan Akta Kelahiran yang sudah diberi Catatan Pinggir          pada waktu yang sudah ditetapkan, dengan menunjukkan tanda bukti pendaftarannya.

f.  Spesifikasi Produk Hasil Pelayanan yang akan diterima oleh pelanggan berupa Kutipan Akta Pengakuan Anak dan Catatan     Pinggir pada Kutipan Akta Kelahiran yang telah di sahkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten     Bangkalan

g.  Kompetensi Petugas
    •    Tenaga Pencatat        :    1 orang
    •    Tenaga Administrasi :    3 orang
        Jumlah                :    4 orang

h.  Sarana/Prasarana
    •    Ruang Tunggu
    •    WC/Kamar Mandi
    •    Papan Informasi
    •    Tempat Parkir
    •    Komputer
    •    Telepon

i.  Pelayanan Informasi dan Pengaduan
    Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangkalan
    Jl. Soekarno Hatta No. 50 Telp. (031) 3095331
j.  Kompensasi
    Apabila melebihi waktu penyelesaian yang telah ditetapkan maka Kutipan Akta Pengakuan Anak  dapat diambil pada hari     berikutnya tanpa harus antre,dengan menunjukkan tanda bukti pendaftarannya.

Pencatatan Pengesahan Anak

    Menurut Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Peraturan     Daerah Kabupaten Bangkalan Nomor 20 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
a.  Syarat
    •    Surat pengantar dari RT dan RW dan diketahui Kepala Desa / Lurah
    •    Kutipan Akta Kelahiran
    •    Foto copy Kutipan Akta Perkawinan
    •    Foto copy KK dan
    •    Foto copy KTP pemohon.

b.  Biaya
    •    Biaya pencatatan Pengesahan Anak tepat waktu menurut Peraturan Daerah No.09 Tahun2010 adalah sebesar Rp.50.000,- (         Lima puluh ribu rupiah ).
    •    Menurut Peraturan Daerah No.7 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah No 20 Tahun 2008 tentang         Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, biaya pencatatan Pengesahan Anak yang terlambat ( lebih dari 30 hari         sejak ayah dan ibu anak yang bersangkutan melaksanakan perkawinan dan mendapatkan akte perkawinan ) dikenakan denda         sebesar  Rp.75.000,-( tujuh puluh lima ribu rupiah)

c.  Waktu
    •    3 (tiga) hari ( apabila jumlah pemohon tidak melebihi 50 berkas ).

d.  Alur / Prosedur Pelayanan

e.  Prosedur Pengajuan
    •    Pelapor dapat memperoleh informasi tentang pencatatan pengesahan anak di Dispenduk dan Pencapil pada seksi         Kelahiran., Kematian dan PPA.
    •    Pelapor mengajukan permohonan dengan membawa berkas permohonan dan menyerahkan kepada Petugas Pelayanan Akte         Kelahiran untuk diteliti kelengkapannya.
    •    Jika persyaratan sudah dinyatakan lengkap maka pemohon mendaftar dan membayar retribusi di loket dan mendapatkan         resi sebagai bukti pendaftaran.
    •    Pelapor dapat mengambil Akte Kelahiran yang sudah diberi catatan pinggir pengesahan anak pada waktu yang sudah         ditetapkan.

f.  Spesifikasi Produk Hasil Pelayanan yang akan diterima oleh pelanggan berupa Catatan Pinggir Pengesahan Anak pada Kutipan     Akta Kelahiran yang telah disahkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangkalan.

g.  Kompetensi Petugas
    •    Tenaga Operator     :    1 orang
    •    Tenaga Administrasi    :    3orang
        Jumlah                    :    4 orang

h.  Sarana/Prasarana
    •    Ruang Tunggu
    •    WC/Kamar Mandi
    •    Papan Informasi Pelanggan
    •    Tempat Parkir
    •    Komputer
    •    Telepon

i.  Pelayanan Informasi dan Pengaduan

j.  Kompensasi
    Apabila melebihi waktu penyelesaian yang telah ditetapkan maka Kutipan Akta Kelahiran yang sudah diberi catatan pinggir     dapat diambil pada hari berikutnya tanpa harus antre dengan menunjukkan tanda bukti pendaftarannya.

Pencatatan Pengangkatan Anak
Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Peraturan Daerah Kabupaten Bangkalan Nomor 20 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan

a.  Syarat
    •    Penetapan Pengadilan tentang pengangkatan anak
    •    Kutipan Akta Kelahiran
    •    KTP pemohon
    •    KK pemohon
    •    Mengisi formulir

b.  Biaya

    •    Biaya pencatatan Pengangkatan Anak tepat waktu menurut Peraturan Daerah No.09 Tahun2010 adalah sebesar Rp.50.000,- (         Lima puluh ribu rupiah ).
    •    Menurut Perda Kab.Serdang Bedagai No.7 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Perda No.20 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan         Administrasi Kependudukan, pelaporan pencatatan Pengangkatan Anak yang terlambat ( lebih dari 30 hari sejak tanggal         Penetapan Pengadilan ) dikenakan denda sebesar Rp.75.000,- ( tujuh puluh lima ribu rupiah ).

c.  Waktu
    •    Lama waktu pencatatan Pengangkatan Anak adalah 3 (tiga) hari

d.  Alur / Prosedur Pelayanan
   
e.  Prosedur Pengajuan
    •    Pelapor dapat memperoleh informasi tentang pencatatan pengangkatan anak di Dispenduk dan Pencapil pada seksi         Kelahiran, Kematian dan PPA.
    •    Pelapor mengajukan permohonan dengan membawa berkas permohonan dan menyerahkan kepada Petugas Pelayanan Akte         Kelahiran untuk diteliti kelengkapannya.
    •    Jika persyaratan sudah dinyatakan lengkap maka pemohon mendaftar dan membayar retribusi di loket dan mendapatkan         resi sebagai bukti pendaftaran.
    •    Pelapor dapat mengambil Akte Kelahiran yang sudah diberi catatan pinggir pengangkatan anak pada waktu yang telah         ditetapkan
.
f.  Spesifikasi Produk Hasil Pelayanan yang akan diterima oleh pelanggan berupa Catatan Pinggir pada Kutipan Akta Kelahiran     yang telah disahkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangkalan.

g.  Kompetensi Petugas
    •    Tenaga Operator         :    1 orang
    •    Tenaga Administrasi    :    1 orang
         Jumlah                      :    2 orang

h.  Sarana/Prasarana
    •    Ruang Tunggu
    •    WC/Kamar Mandi
    •    Papan Informasi Pelanggan
    •    Tempat Parkir
    •    Komputer
    •    Telepon

i.  Pelayanan Informasi dan Pengaduan
    Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Serdang Bedagai
    Jl. Sei Rampah Telp. (031) 3095331

j.  Kompensasi
    Apabila melebihi waktu penyelesaian yang telah ditetapkan maka Kutipan Akta Kelahiran  dapat diambil pada hari berikut     tanpa harus antre dengan menunjukkan tanda bukti pendaftarannya.